Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Asal Palembang, Intip Keunikannya

makanan-asal-palembang

Makanan asal Palembang yang pada umumnya diketahui adalah pempek. Namun selain pempek, ada juga dikenal di lingkungan orang Indonesia, yaitu tekwa. Sebenarnya Palembang memiliki berbagai makanan khas yang jarang bahkan hampir tidak ditemui di luar Palembag. Tetapi jika pergi ke Palembang pasti mau tidak mau akan bertemu dengan makanan-makanan tersebut.

Lalu, apa saja keunikannya? Simak informasi berikut.

Makanan Asal Palembang Pempek

Kamu pasti akrab dengan makanan asal Palembang satu ini kan? Pempek dengan ikan, tepung terigu, dan tepung sagu sebagai bahan dasarnya. Ikan yang digunakan bisa berbagai macam selama daging ikan tersebut lembut, lalu tergantung selera dan harga yang dikeluarkan. Kalau penulis sih lebih suka menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar pembuatan pempek di rumah. Hehe...

Pempek ada berbagai macamnya. Ada pempek kapal selam dengan isian khasnya yaitu telur di dalam pempek. Lalu ada pempek lenjer dengan tampilan memanjang seperti sosis. Ada juga pempek kulit dengan bahwan dasar kulit ikan yang sudah dihancurkan. Dengan bahan utama ikan, dan penampilan yang khas membuat pempek. Selain itu, rasa yang ramah di lidah oleh mayoritas Indonesia menyebabkan pempek dikenal oleh masyarakat luas.

Tekwan

Sama seperti pempek, tekwan merupakan makanan asal Palembang yang pembuatannya menggunakan bahwan dasar ikan. Namun berbeda dengan pempek, tekwan dibuat lebih kenyal dan tidak terlalu padat seperti pempek. Selain itu, yang menjadi ciri khas tekwan ialah makanan yang berkuah bening yang disajikan dengan bihun, jamur kuping, potongan bengkoang, dan sedap malam. Karena tampilannya, tekwan juga disebut sebagai bakso-nya Palembang lohh...

Burgo

Berbeda dengan pempek dan tekwan, makanan asal Palembang satu ini tidak berbahan dasar ikan di adonannya, tetapi di kuahnya. Burgo dengan bahan dasar terigu dan tepung sagu, lalu dicetak membentuk gulungan besar panjang. Burgo disajikan dengan kuah ikan yang dicampur dengan sari kelapa. Biasanya di Palembang burgo menjadi salah satu pilihan untuk sarapan. Karena terbuat dari terigu dan sagu, burgo dapat membuat cepat kenyang. Burgo memiliki rasa yang khas dan nikmat tentunya. Jika ke Palembang, kamu wajib mencobanya!

Lakso

Lakso memiliki bahan dasar pembuatan seperti pembuatan burgo. Bedanya, hanya di bentuk. Bila burgo berbentuk gulungan adonan besar panjang, lakso berbentuk seperti mi pendek. Lakso disajikan seperti burgo, dimana memiliki kuah dengan bahan dasar ikan yang dicampur dengan sari kelapa. Kuah yang kental juga dapat menyebabkan rasa kenyang hanya dengan memakan satu porsi lakso.

Makanan Asal Palembang Maksuba

Kini beralih ke kue khas Palembang, namanya maksuba. Bila pergi ke Palembang, maksuba termasuk jarang ditemukan kecuali di hari penting. Maksuba biasanya muncul di hari perayaan lebaran. Bisa dibilang, maksuba adalah kue perayaan khas Palembang. Tekstur maksuba jarang ditemukan di makanan lain. Hal itu dikarenakan kue maksuba bertekstur padat namun lembut, kenyal, dan jelas membuat kenyang walau hanya memakan beberapa potong. Tekstur maksuba yang padat dan berat berasal dari bahan serta pembuatan yang khas. Oleh karena itu maksuba mejadi makanan asal Palembang yang bisa dijumpai di saat lebaran.

Jangan lupa mencicipi makanan asal Palembang yang sudah dijelaskan tadi yaa.. sayang banget kalau ga nyicipin. Enak banget dan recommended deh pokonyaa! Semoga informasi tadi bermanfaat.