Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oleh-Oleh Makassar dan Hal yang Wajib Anda Tahu

Makassar -Atau mempunyai nama lain adalah Kota Daeng merupakan salah satu dari sekian ribu tujuan wisata domestik di Indonesia. Ia dikenal memiliki pesisir pantai yang indah, seperti Losari. Jika anda sedang hendak mengunjungi ibu kota Sulawesi Selatan itu, ada wajib membawa pulang Oleh-Oleh Makassar untuk keluarga di rumah.

Simak Juga : Resep Garang asem Kudus

Rekomendasi Oleh-Oleh Makassar 

Oleh-oleh-khas-makassar


Kurang lengkap rasanya jika melancong ke kota tetangga namun tidak menjajal makanan khasnya. Apalagi yang selalu ditunggu-tunggu oleh keluarga adalah kedatangan anda beserta oleh-oleh yang dibawa. Nah, jika kebetulan anda hendak menuju Makasar, simak lebih lanjut yuk:

1. Kopi Toraja

Jika ada saudara atau anda sendiri adalah penikmat kopi, cocok sekali untuk membeli oleh-oleh yang satu ini. Memiliki tiga macam jenis, diantaranya Robusta, Special Blend, dan Arabika. Cita rasa yang dimilikinya kuat dan tidak terlalu pahit, dengan tingkat keasaman yang rendah aman dikonsumsi penderita maag.

2. Sirup Markisa

Di Indonesia, syrup markisa dijadikan oleh-oleh dua daerah berbeda salah satunya adalah kota Makassar. Minuman ini dibuat dari 100% buah markisa alami, yang paling terkenal untuk dijadikan oleh-oleh adalah merek Malino. Rasanya asam dan manis, segar jika ditambahkan es.

3. Kerupuk Jintan

Cemilan ini sebenarnya tergolong dalam keluarga kue kering. Tapi karena rasanya yang renyah, masyarakat lokal menyebutnya dengan kerupuk jintan. Oleh-oleh Makassar dibuat dari tepung terigu, soda kue, vanili, telur, dan tentunya jintan hitam.

4. Baruasa

Kue ini merupakan hidangan khas tradisional masyarakat Bugis. Terbuat dari tepung beras, telur, dan kelapa parut kering menjadikan rasa dari cemilan ini renyah dan gurih. Bentuknya bulat, memiliki tekstur seperti kukis, dan tampilan bagian atasnya ada retakan-retakan.

5. Syrup DHT

Satu lagi oleh-oleh khas Makassar yang berupa sirup. Kemasanya dibalut dengan botol kaca berwarna gelap dengan stiker bergambarkan aneka ragam buah-buahan lokal. Anda pasti berpikir jika rasanya seperti frambos, tapi ternyata terbuat dari pisang ambon.

6. Benang-Benang

Oleh-oleh khas Makassar yang satu ini dijuluki seperti itu karena memiliki serat berwujud seperti benang yang digulung, tampilannya sekilas seperti sarang laba-laba ya. Cemilan ini berbahan dasar gula aren, masih diproduksi secara tradisional jadi rasanya benar-benar masih asli.

7. Coto Makassar

Coto ya buka Soto. Terbuat dari jeroan sapi yang direbus bersama rempah-rempah asli. Isiannya meliputi lidah, otak, paru, hati, jantung, dan babat. Anda tidak perlu khawatir kalau oleh-oleh Makassar ini akan basi jika dibawa pulang, sekarang versi kemasannya sudah tersedia.

Simak Juga : Resep Mie Ayam Jawa Asli

Apa yang Khas dari Kota Makassar?

 
Oleh-oleh-khas-makassar

Makassar, merupakan ibu kota dari provinsi Sulawesi Selatan. Ia memiliki nama sebutan yaitu kota Daeng yang memiliki arti “mas” atau “kakak laki-laki”. Selain itu, julukannya juga bermakna paddaengang, istilah orang suku Makassar dalam pemberian sebutan halus warga lokalnya.

Pada 7 Desember 2017, organisasi kebudayaan dunia UNESCO menyatakan jika seni membuat kapal yang bernama Phinisi adalah warisan agung manusia lisan tak benda milik kota Makassar. Diumumkan pada pertemuan ke-12 komite warisan budaya unik dunia.

Selain oleh-oleh Makassar yang enak, ia memiliki tradisi yang disebut Sitobo Lalang Lipa. Ritual tersebut dilakukan oleh masyarakat lokal ketika ada dua suku yang berseteru namun argumen mereka sama-sama kuat. Pertarungan harga diri ini dilakukan oleh perwakilan dari kedua belah pihak, mereka akan saling bertarung menggunakan Badik.